SEJARAH SINGKAT
WGC (Writer Gesrek Club) adalah sebuah grup kepenulisan yang berbasis di sosial media Line. Didirikan oleh dua manusia bernama Rio dan Chaak (sapaan akrab) pada tanggal 24 Oktober 2016. Adapun admin lamanya antara lain Sena, Fia, Bayu, Nisa, Via, dan Airin. Seiring berjalannya takdir dan roda waktu owner WGC berpindah ke salah satu admin yaitu Bayu, atas voting yang dilaksanakan oleh owner terdahulu. Rio dan Chaak kini kembali ke rutinitasnya di RL  sebagaimana mestinya. Walau begitu, mereka berdua kerap berkunjung ke WGC untuk sekedar mengenang masa lalu dan menyapa member-member gesrek yang ada di sana.



KEGIATAN DAN JADWAL
Secara umum, kegiatan di WGC sama dengan grup kepenulisan lainnya. Namun yang membedakan adalah sistem dan juga jadwalnya yang tentu saja berbeda dari grup lain. Jadwal di WGC saat ini dibagi menjadi 2, yaitu jadwal wajib dan jadwal sunnah. Jadwal wajib adalah yang harus diikuti oleh setiap member tanpa terkecuali, contohnya jadwal review WP, Materi (Inti dan desain), Persami (saat ini tidak dipakai), dan Challenge. Konsekuensi bagi yang tidak hadir di jadwal wajib tanpa keterangan adalah berkurangnya poin yang dimiliki (saat pertama bergabung diberikan credit 100 poin). Sedangkan jadwal sunnahnya hanya satu saja, yaitu jadwal games yang di mana juga menjadi ajang dalam mengumpukan point sebanyak-banyaknya.

SISTEM POINT
WGC menggunakan sistem point yang mana setiap member yang baru bergabung di awal semester akan diberikan modal berupa 100 point. Point ini tentunya dapat berkurang dan bertambah tergantung keaktifan member dalam mengikuti jadwal. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak mengikuti jadwal wajib tentu pointnya akan dikurangi, maka justru sebaliknya mengikuti jadwal wajib akan mendapatkan point dan mengikuti jadwal sunnah berupa games akan mendapat point lebih banyak lagi. Point yang telah dikumpulkan disebut dengan W-POINT (WGC POINT) yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik jika sewaktu-waktu ada event penukaran point yang disebut TRADE POINT. Kapan munculnya TRADEPOINT? Tidak ada yang tahu dan tidak akan diberitahukan, karena ini rebutan. Hanya member yang aktif saja yang akan beruntung dapat menukarkan pointnya di TRADE POINT.  

TRADE POINT
Event ini paling ditunggu member WGC, karena akan ada item menarik seperti Novel, Pulsa, Line Stiker, Theme, Komik, Scrapbook dll yang bisa didapatkan hanya dengan menukarkan W-POINT yang telah dikumpulkan. Setelah menukarkan point, W-POINT member tentunya akan berkurang. Setiap 3 bulan sekali, W-POINT yang dikumpulkan akan direset kembali menjadi 100 sama seperti saat pertama kali bergabung, jadi lebih baik ditukar daripada hangus.
RANGKING DAN RAPOT

WGC pun layaknya sekolah, yang menerapkan sistem rangking. Setiap 3 bulan sekali, hasil belajar member akan dibagikan dalam selembar rapot yang bisa didownload diblog resmi WGC  www.writesgesrekclub.blogspot.com. Selain itu, peringkat 3 besar yang mendapat perolehan point tertinggi juga akan mendapatkan hadiah kejutan dari admin. Wah, kok kayaknya Owner sama Admin WGC ini kaya banget ya? Sebenarnya Kami owner maupun admin cuma manusia dengan pekerjaan biasa, tetapi kami meyakini bahwa memberikan semangat kepada orang yang mau belajar (khususnya menulis) akan membawa keberkahan sendiri. Manusia pun tidak akan menjadi miskin hanya karena memberikan sesuatu kepada orang lain.


AYO BERBAGI!
WGC mempunyai beberapa social media diantaranya Instagram, Line OA, Akun WP, juga BLOG yang masing-masing dapat kalian lihat disini:
Dalam beberapa waktu ke depan akan dibuat juga FB dan Twitternya, jadi jangan lupa follow semua akun sosmed kita untuk mendapatkan info terbaru seperti GA, Materi, Tips ataupun Promote story kalian.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Jumlah Pengunjung